Thursday 22 December 2011

Adab-Adab Makan

a. Memulai makan dgn mengucapkan Bismillah.
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:
"Apabila salah seorang diantara kalian hendak makan, maka ucapkanlah: 'Bismilah.' Dan jika ia lupa untuk mengucapkan Bismillah di awal makan, maka hendaklah ia mengucapkan 'Bismillahi Awwalahu wa Aakhirahu (dgn menyebut nama Allah di awal dan diakhirnya).'" (Shohih Ibnu Majah: 3264)

b. Hendaknya mengakhiri makan dgn pujian kpd Allah.
"Barangsiapa telah selesai makan hendaknya dia berdo'a: "Alhamdulillaahilladzi ath'amani hadza wa razaqqaniihi min ghairi haulin minni walaa quwwatin. Niscaya akan diampuni dosanya yg telah lalu." (HR. Daud, Hadits Hasan)

c. Hendaknya makan dgn menggunakan tiga jari tangan kanan.
"Sungguh Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam makan dgn menggunakan tiga jari." (HR. Muslim, HR. Daud)

d. Hendaknya menjilati jari jemarinya sebelum dicuci tangannya.
"Apabila salah seorang diantara kalian telah selesai makan maka janganlah ia mengusap tangannya hingga ia menjilatinya atau minta dijilati (oleh Isterinya, anaknya)." (HR. Bukhari Muslim)

e. Apabila ada sesuatu dari makanan kita terjatuh, maka hendaknya dibersihkan bagian yg kotornya kemudian memakannya.
"Apabila ada sesuap makanan dari salah seorang diantara kalian terjatuh, maka hendaklah dia membersihkan bagiannya yg kotor, kemudian memakannya dan jangan meninggalkannya untuk syaitan." (HR. Muslim, Abu Daud)

f. Hendaknya tdk meniup pada makanan yg masih panas dan tdk memakannya hingga menjadi lebih dingin, hal ini berlaku pula pada minuman. Apabila hendak bernafas maka lakukanlah di luar gelas, dan ketika minum hendaknya menjadikan tiga kali tegukan.
"Nabi shallallahu 'alaihi wasallam telah melarang untuk menghirup udara di dalam gelas (ketika minum) dan meniup di dalamnya." (HR. At Tirmidzi)

g. Hendaknya menghindarkan diri dari kenyang yg melampaui batas.
"tdk ada bejana yg diisi oleh manusia yg lebih buruk dari perutnya, cukuplah baginya memakan beberapa suapan sekedar dapat menegakkan tulang punggungnya (memberikan tenaga), maka jika tdk mau, maka ia dapat memenuhi perutnya dgn sepertiga makanan, sepertiga minuman dan sepertiga lagi untuk bernafasnya." (HR. Ahad, Ibnu Majah)

h. Memulai dgn yg letaknya terdekat kecuali bila macamnya berbeda maka boleh mengambil yg jauh.
"Wahai anak muda, sebutkanlah Nama Allah (Bismillah), makanlah dgn tangan kananmu dan makanlah dari apa-apa yg dekat dgnmu." (HR. Bukhari Muslim)

i. Hendaknya mendahulukan yg lebih tua umurnya atau yg lebih memiliki derajat keutamaan.

j. Hendaknya tdk melihat teman yg lain agar tdk terkesan mengawasi.

k. Hendaknya tdk melakukan sesuatu yg dalam pandangan manusia dianggap menjijikkan.

l. Jika makan bersama orang miskin, maka hendaklah kita mendahulukan mereka.

Sumber:
http://muslimah.or.id/akhlaq/adab-adab-makan.html
Load disqus comments

0 comments

comments