Friday 16 September 2016

Fenomena Pelajar tak Malu Lagi Merokok


Rokok seperti menjadi kebutuhan primer bagi sebagian orang, terutama bagi perokok. Walaupun hampir semua orang sepakat bahwa merokok itu menimbulkan bahaya dikemudian hari dan tidak ada manfaat rokok yang bisa kita dapatkan kecuali kenikmatan sesaat dan penghilang stres itupun hanya sesaat, tapi tetap saja perokok tak mau meninggalkan kebiasaannya untuk merokok.

Yang sangat kita sayangkan adalah virus rokok ini mulai menggerogoti dikalangan anak-anak remaja dan pelajar, sampai para pelajar ini juga tidak merasa sungkan dan malu untuk menenteng sebatang rokok menyala dihadapan guru-gurunya,ketika bernagkat sekolah, ketika jam istirahat sekolah, ketika pulang sekolah apalagi ketika bolos sekolah.  terlebih orang tua juga terkesan membiarkan walaupun mengetahui anaknya merokok.

Apakah pembelajaran tentang bahaya Rokok dan akibat Merokok bagi kesehatan dirinya, keluarga dan orang disekitarnya tidak disampaikan disekolah-sekolah, atau sudah disampaikan tapi mereka tidak memahaminya, atau juga sudah paham tapi sudah terlanjur kecanduan jadi sulit untuk menghentikannya, atau mungkin juga guru-gurunya sendiri yang mencontohkan untuk merokok sehingga para siswa tidak beranggapan bahwa merokok itu sesuatu yang lumrah dan biasa saja?.

Semoga setelah membaca artikel yang sedikit ini, teman-teman yang sedang belajar merokok ataupun yang sudah kecanduan dalam merokok agar segera menghentikannya, dan segera membaca kembali bahaya bagi perokok untuk kesehatan dikemudian hari. Karena Allah menciptakan tubuh kita untuk dijaga dan dipelihara bukan dirusak secara perlahan dengan asap rokok, karena tubuh ini juga amanat yang akan kita pertanggungkajawabkan dihadapan sang pencipta kelak, jangan cuma untuk kenikmatan sesaat membuat kita lalai akan pertanggungjawaban.

Baca Juga: Hukum Merokok dan Syisyah

Kemudian untuk para guru, saya memberikan saran apabila kita mendapati murid kita merokok, hukumlah dengan hukuman yang meng-edukasi, jangan dihukum dengan hukuman murid disuruh merokok dengan jumlah yang banyak dilapangan. Karena hal ini kurang memberikan efek penyadaran bagi siswa tersebut. Lebih baik dinasehati dan diberitahukan tentang dampak dan bahaya merokok bagi kesehatan dikemudian hari.

Demakian semoga bermanfaat, silahkan share dan copas disertakan dengan link sumbernya.
Load disqus comments

0 comments

comments